Pendampingan Belajar Bahasa Arab Dengan Metode Lecture Pada Masa Pandemi di MI NU Thoriqotus Sa’diyah Di Desa Colo Kabupaten Kudus
Abstract
Abstrak
Artikel berusaha mengulas pendampingan belajar bahasa Arab dengan metode lecture pada masa pandemi di MI NU Thoriqotus Sa’diyah di Desa Colo Kabupaten Kudus. Penelitian menyimpulkan: bahwa ketika pandemi virus Covid 19, pembelajaran bahasa arab bagi anak-anak MI NU Thoriqutus Sa’diyah di desa colo kab kudus mestilah tetap diadakan meski dengan banyak keterbatasan. Anak didik tidak hanya bisa mendapatkan transfer ilmu pengetahuan dari guru saja, akan tetapi bisa memperoleh wawasan lewat buku-buku lain, diskusi bersama teman-teman dengan handphone ataupun dengan secara tatap muka bisa namun harus berjaga jarak. Hal ini sangat bermanfaat guna mengatasi kejenuhan peserta didik dimana mereka banyak waktu luang saat pandemic covid 19. Penelitian merekomendasikan, diperlukan dukungan kebijakan, komitmen tinggi dan pandangan dari pihak sekolah ataupun orang tua agar proses pembelajaran dapat tetap dijalankan dalam berbagai situasi. Starategi dan meode yang sesuai diperlukan guna memastikan proses belajar tetap berjalan dalam berbagai keadaan.