PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SANGGAR BELAJAR KUBU GAJAH DI DUSUN SUNGAI BULOH MALAYSIA

  • idham

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi. Perguruan tinggi melaksanakan KKN dengan tujuan meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa serta mendapatkan nilai tambah yang lebih besar. Kegiatan KKN dilaksanakan di luar kampus untuk meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni dalam melaksanakan pembangunan yang semakin meningkat. Selain itu, KKN juga bertujuan untuk meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara kurikulum yang dipelajari di kampus dengan realita pembangunan dalam masyarakat.

References

DAFTAR PUSTAKA

Purwodarminto, 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi 2. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Balai Pustaka, Depdikbud
Uji, T. 2005. Keanekaragaman jenis dan sumber plasma nutfah Durio (Durio spp.) di Indonesia. Buletin Plasma Nutfah, 11(1), 28-33.
Perwita, F. 2015. Pengembangan Katalog Tumbuhan sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Plantae di SMA N 7 Semarang, Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: PPs Universitas Negeri Semarang.
Rustaman, N. Y. 2012. Arah Pembelajaran Keanekaragaman Tumbuhan dan Asesmennya di LPTK dan Sekolah. Makalah., Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Nur Qalby, “Penggunaan Bintang Dalam Tradisi Masyarakat Nelayan Suku Makassar Desa Pa’lalakkang Kecamatan Galesong Kabupaten
Takalar”, Skripsi (Makassar: Fak. Syariah dan Hukum UIN Alauddin, 2021), h. 1.
Syarif, Muh. Rasywan. Ilmu Falak: Integrasi Agama dan Sains. Cet. I; Gowa: Alauddin University Press, 2020.
Alimuddin. “Sejarah Perkembangan Ilmu Falak.” Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 2, no. 2 (2013).

Richards, Jack C. dan Willy A. Renandya, Methodology Language Teaching: An Anthology of Current Practice New York: Cambridge University Press, 2002
Charles, 2017. The Effect Of Traditional Games Intervention Programme In The Enhancement School Age Children’s Motor Skills, Hal 157-169.
Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di lembaga kursus dan pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment2, 1(1), 1–9.
Published
2024-08-28
How to Cite
idham. (2024). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SANGGAR BELAJAR KUBU GAJAH DI DUSUN SUNGAI BULOH MALAYSIA. Bisma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 227-242. https://doi.org/10.61159/bisma.v2i1.278

Most read articles by the same author(s)