Hubungan Antara Lingkungan Kerja Dengan Semangat Kerja Guru Smp Al-Farisi Tapos Bogor Jawa Barat

  • tarpin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurhadi STAI Darunnajah Jakarta Yayasan Darunnajah, Jakarta Selatan
  • Adawiyah STAI Darunnajah Jakarta Yayasan Darunnajah, Jakarta Selatan
Keywords: Lingkungan kerja, Semangat Kerja, SMP Al-Farisi

Abstract

Abstrak

Penelitian dilakukan di SMP Al-Farisi Tapos Bogor karna melihat lingkungan kerja yang kurang kondusif sehingga akan mempengaruhi semangat kerja guru. Dalam meningkatkan semangat kerja Guru diantaranya ditentukan oleh Lingkungan Kerja yang kondusif, jika lingkungan kerja kurang kondusif maka semangat guru dalam melaksanakan tugasnya tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karna itu lingkungan kerja guru sangat berpengaruh dalam menentukan semangat kerja guru dalam melaksanakan tugasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui adanya lingkungan kerja terhadap semangat kerja guru.

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan populasi tenaga pendidik (guru) SMP Al-Farisi Tapos Bogor sebanyak 30 tenaga pendidik (guru) dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yakni menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi dan korelasi sederhana berupa analisis deskriftif, analisis inferensial, dan uji persyaratan analisis.

Hasil penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Lingkungan Kerja (X) dengan Semangat Kerja Guru (Y) di SMP Al- Farisi Tapos Bogor, terbukti dengan Ryx = 0,470 yang mempunyai tingkat hubungan yang cukup dalam rentang (0,400-0,600), nilai signifikan dan nilai koefisien determinasinya sebesar 24,6% dan 74,4% dipengaruhi faktor lain.  berhubungan dengan faktor lain. Seperti pendidikan, keterampilan, motivasi, gaji, kesehatan, teknologi,  kesempatan berprestasi dan lain-lain.

Published
2022-04-01
How to Cite
tarpin, Nurhadi, & Adawiyah. (2022). Hubungan Antara Lingkungan Kerja Dengan Semangat Kerja Guru Smp Al-Farisi Tapos Bogor Jawa Barat. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 1(1), 21-28. https://doi.org/10.61159/edukasiana.v1i1.3