Perancangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Augmented Reality

  • Yunus Widjaja Jakarta State University, Jl. R.Mangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun
  • Junaidi Jakarta State University, Jl. R.Mangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun
  • Etin Solihatin Jakarta State University, Jl. R.Mangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun
Keywords: Augmented Reality, Biology Learning, Learning Model, Nervous System, Brain Anatomy

Abstract

Pembelajaran biologi di tingkat sekolah menengah atas sering menghadapi tantangan dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak, terutama dalam topik sistem koordinasi manusia, termasuk anatomi dan fungsi otak. Kesulitan-kesulitan ini sebagian besar disebabkan oleh kurangnya sumber belajar interaktif dan kompleksitas visualisasi struktur biologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Biologi berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman konseptual di kalangan siswa kelas sebelas pada topik sistem saraf manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) , mengadopsi model pengembangan ADDIE , yang terdiri dari lima fase: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Produk pembelajaran berbasis AR yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dalam pedagogi, desain instruksional, dan teknologi pendidikan, dengan fokus pada aspek konten, desain visual, dan fungsionalitas teknologi.

Temuan menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis AR secara signifikan meningkatkan pemahaman konseptual siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, sebagaimana dibuktikan oleh analisis statistik skor pra-tes dan pasca-tes. Lebih lanjut, validasi ahli mengklasifikasikan model yang dikembangkan sebagai "sangat layak" untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Biologi SMA. Kesimpulannya, integrasi teknologi AR dalam pendidikan Biologi menawarkan solusi inovatif dan praktis untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konten ilmiah yang kompleks dan abstrak.

References

Aditya, I. P. T., Udayana, A. A. G. B., & Swandi, I. W. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ensiklopedia Wayang Kamasan Berbasis Augmented Reality. AMARASI Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1), 9. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i01.32

Alga, R. K., Hsb, A. A. A., Azhara, S., Hakim, E. H., Afia, N., & Yusnaldi, E. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital: Meningkatkan Minat Belajar IPS di Sekolah Dasar Melalui Presentasi Interaktif dan Video Animasi. Continuous Education Journal of Science and Research, 5(3), 200. https://doi.org/10.51178/ce.v5i3.2197

Aziza, I. Fahmi. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR). JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(1), 52. https://doi.org/10.58788/jipi.v3i1.4186

Erwinsah, R., Aria, M., & Yusup, Y. (2019). Application of augmented reality technology in biological learning. Journal of Physics Conference Series, 1402(6), 066090. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/6/066090

Indrawati, N., & Nurafni. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pemberian Tugas Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika. Kognitif Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 81. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.71

Kurniawan, B. D., Ikhwan, A., Setiawan, W., Syam, A. R., & Zukhrufin, F. K. (2025). Improving the Quality of Qur’an Learning Through the Ummi Method. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 1-13.

Mahmudi, I., Athoillah, Muh. Z., Wicaksono, E., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132

Musthafa, A., Utama, S. N., Muriyatmoko, D., Pradhana, F. R., & Arafah, R. F. (2024). Penerapan Augmented Reality Pada Board Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. SemanTIK Teknik Informasi, 10(1), 51. https://doi.org/10.55679/semantik.v10i1.46844

Mutiah, T. (2020). Meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran sifat-sifat cahaya melalui model problem based learning pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kedungwringin. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 86. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.13

Mokmin, M. W. A. B. M., Susanto, H., Syam, A. R., & Basri, M. (2025). Study of the Philosophy of Islamic Education by KH. Ahmad Dahlan and KH. Hasyim Asyari and its Relevance to the Reform of Islamic Education. JIE (Journal of Islamic Education), 10(1), 471-487.

Olson, A. R., & Clough, M. P. (2021). An Attachment Point for Meaningful Musculoskeletal Learning. The American Biology Teacher, 83(9), 589. https://doi.org/10.1525/abt.2021.83.9.589

Putri, D. G., Zulfarina, Z., Syafii, W., & Syafii, W. (2021). Development of Augmented Reality for Biology E-Magazine. Journal of Educational Sciences, 5(3), 511. https://doi.org/10.31258/jes.5.3.p.511-519

Tresnawati, D., Rahayu, S., & Yusuf, K. (2021). Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Algoritma, 18(1), 182. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-1.954

Utomo, F. H., Bafadal, I., Timan, A., & Syam, A. R. (2025). Islamic Educational Leadership: The Principal’s Role in Addressing Students' Psychological Impact After Natural Disasters in Indonesia. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 9(2), 274-289.

Watrianthos, R., Handayani, R. P., Hasibuan, R., Ambiyar, A., & Refdinal, R. (2022). Students’ Perceptions of Android-Based Interactive Multimedia in Learning Biology. EDUKATIF Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5010. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3044

Yustini, S., Rahmayumita, R., & Hidayati, N. (2021). Video dan Google Classroom: Sebuah Cara untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Pagaran Tapah, Riau. Bioedusiana Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 121. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.2547

Zai, Y. P., Lase, A., Lahagu, A., & Harefa, Y. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(2), 407. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i2.2378

Zh, M. H. R., Sani, N. L., Kuswandi, D., & Fadhli, M. (2024). Needs Analysis of Development FBO Media as a Support for Blended learning in Al- Qur ’ an Hadits Lesson. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Published
2025-07-30
How to Cite
Yunus Widjaja, Junaidi, & Etin Solihatin. (2025). Perancangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Augmented Reality . Proceeding of International Conference on Islamic Boarding School , 2(1). https://doi.org/10.61159/icop.v2i1.582