Integration of Pesantren Curriculum with Digital Technology: Challenges and Opportunities in Islamic Education

  • Anjaludin Universitas Darunnajah
  • Arizqi Ihsan Pratama Darunnajah University Jakarta, Indonesia
Keywords: : Pesantren, Digital Curriculum, Digital Literacy, Islamic Education, Educational Transformation

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah wajah pendidikan, termasuk di pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi, tantangan, dan peluang integrasi teknologi digital ke dalam kurikulum pesantren agar dapat menjawab kebutuhan kompetensi abad ke-21 tanpa mengabaikan nilai-nilai Islam. Metode penelitian menggunakan studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis untuk mengkaji literatur terkait digitalisasi pendidikan pesantren, literasi digital, dan pengembangan kurikulum berbasis STEAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital sangat penting untuk meningkatkan daya saing santri di dunia kerja, mendukung pembelajaran daring, memperluas dakwah digital, dan meningkatkan manajemen pendidikan secara efisien. Namun, kendala seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya kesiapan guru, masalah moral, dan kurangnya kurikulum yang terintegrasi masih menjadi kendala utama. Peluang strategis yang dapat dimanfaatkan antara lain digitalisasi kitab kuning, pelatihan sumber daya manusia, kolaborasi antar lembaga teknologi, pengembangan kurikulum Islam STEAM, dan penguatan peran santri dalam dakwah digital. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya transformasi pesantren menjadi lembaga pendidikan modern yang harmonis antara nilai-nilai tradisional dan kemajuan teknologi digital guna menghadapi tantangan globalisasi.

References

Abdullah, M. A. (2006). Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi dan Etika dalam Studi Islam. Yogyakarta: LKiS.

Amin Abdullah. (2006). Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika dalam Studi Islam. Yogyakarta: LKiS.

Fatimah, S. (2020). “Digitalisasi Kitab Kuning sebagai Media Pembelajaran Pesantren Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 88-97.

Hasan, A., & Rahman, F. (2021). “Pelatihan Literasi Digital untuk Guru dan Santri: Studi Kasus di Pesantren XYZ.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 55-70.

Kementerian Agama RI. (2021). Laporan Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Pesantren. Jakarta: Ditjen Pendidikan Islam.

Kementerian Agama RI. (2021). Pemetaan Digitalisasi Pesantren di Indonesia. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2022). Laporan Program Kemitraan Pesantren dan Institusi Teknologi. Jakarta.

Kurniawan, B. D., Ikhwan, A., Setiawan, W., Syam, A. R., & Zukhrufin, F. K. (2025). Improving the Quality of Qur’an Learning Through the Ummi Method. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 1-13.

Maulana, A. & Siregar, H. (2020). Digitalisasi Kurikulum Pesantren dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Nasution, H. (2019). Pendidikan Islam dalam Tantangan Zaman Digital. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Putra, D., & Sari, R. (2023). “Kurikulum STEAM Islami: Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Pesantren.” Jurnal Pendidikan Terpadu, 5(1), 23-35.

Rachmat, T. (2021). “Resistensi Teknologi dalam Tradisi Pesantren.” Tarbiyah Journal, 9(2), 112-123.

Ramadhan, M. (2022). “Efektivitas Dakwah Digital Santri di Media Sosial.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 9(3), 102-115.

Siregar, H. & Maulana, A. (2020). “Literasi Digital Guru Pesantren di Era New Normal.” Jurnal Pendidikan Islam Digital, 3(1), 44-58.

Syam, A. R. (2022). Suksesi Kepemimpinan Pesantren Modern (studi multisitus pada tiga Pesantren Modern di Pulau Jawa) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Syam, A. R., & Yusron, M. A. Ecology from the Perspective of Islamic Education: A Study of Kauniyah Verses and Their Relevance to the Green Curriculum.

Utomo, F. H., Bafadal, I., Timan, A., & Syam, A. R. (2025). Islamic Educational Leadership: The Principal’s Role in Addressing Students' Psychological Impact After Natural Disasters in Indonesia. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 9(2), 274-289.

World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report. Geneva.

Yusuf, A. & Azzam, M. (2022). “Desain Kurikulum Terintegrasi Digital dalam Konteks Pesantren Tradisional.” Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, 7(1), 67-80.

Zarkasyi, A. (2021). Pendidikan Islam di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah.

Zuhdi, M. (2022). “Dakwah Digital Santri Milenial di Era Media Sosial.” Jurnal Komunikasi Islam dan Dakwah Digital, 10(2), 55-67.

Zh, M. H. R., Putra, M. F. B., Kuswandi, D., Wedi, A., & Ardiansyah, A. (2024). Developing Wordwall Evaluations in Blended Islamic Education Using the Smith and Ragan Model. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 89–104.

Published
2025-07-30
How to Cite
Anjaludin, & Arizqi Ihsan Pratama. (2025). Integration of Pesantren Curriculum with Digital Technology: Challenges and Opportunities in Islamic Education. Proceeding of International Conference on Islamic Boarding School , 2(1). https://doi.org/10.61159/icop.v2i1.594