Memperkuat Identitas Budaya Melalui Pengajaran Bahasa Arab dalam Konteks Lokal di Desa Klatakan, Situbondo
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengimplementasikan program pengajaran Bahasa Arab dalam memperkuat identitas budaya masyarakat Desa Klatakan, Situbondo, dengan mengadopsi pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan melibatkan tiga tahap utama. Pertama, studi lapangan dengan melakukan observasi partisipan untuk mengamati secara langsung implementasi program di lapangan. Kedua, wawancara mendalam dengan peserta program dan pemangku kepentingan lokal, seperti tokoh masyarakat dan guru pengajar, guna memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman dan persepsi mereka terhadap program. Terakhir, analisis isi digunakan untuk mengeksplorasi dan memahami persepsi, pengalaman, serta dampak program terhadap pemahaman dan apresiasi terhadap budaya Arab serta identitas budaya lokal. Dengan menggunakan kombinasi metode ini, diharapkan penelitian ini mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana pengajaran Bahasa Arab dapat memperkuat identitas budaya lokal di Desa Klatakan, Situbondo. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga dan implikasi praktis yang relevan dalam pengembangan program pendidikan bahasa dan pelestarian budaya di tingkat lokal, serta mendukung upaya untuk memperkokoh identitas budaya masyarakat setempat.
References
Awwaludin, Muhammad, Stevan Malik, and Nopri Dwi Siswanto. “Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab Pada Pesantren Bahasa Arab (MIM LAM).” Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial-Humaniora 1, no. 1 (2022): 55–64.
Batubara, Juliana. “Paradigma Penelitian Kualitatif Dan Filsafat Ilmu Pengetahuan Dalam Konseling.” JURNAL FOKUS KONSELING 3, no. 2 (August 2017): 95. https://doi.org/10.26638/jfk.387.2099.
Elmubarok, Zaim, Darul Qutni, Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, and Universitas Negeri Semarang. “BAHASA ARAB PEGON SEBAGAI TRADISI PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DI PESISIR JAWA.” Journal of Arabic Learning and Teaching 9, no. 1 (2020): 61–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa.
Faedurrohman, and Lukmanul Hakim. “Digitalisasi Dan Eksistensi Bahasa Arab Dalam Perspektif Politik Bahasa Sasaran Di Indonesia.” Cordova Journal: Language and Culture Studies 13, no. 1 (2023): 66–79. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/cordova/index%0APendahuluan.
Hadiyanto, Andy, Cendra Samitri, and Siti Maria Ulfah. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal Di Perguruan Tinggi Negeri.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4, no. 1 (2020): 117–40. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.21009/hayula.004.1.07 Model.
Hasan, Laili Mas Ulliyah. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Pertama. Padang, Sumatera Barat: PACE Patnership For Action on Community Education, 2023. https://digitalpress.gaes-edu.com/index.php/gaespace/issue/view/36.
———. “Studi Implementasi Dan Efektivitas TPACK Dalam Pembelajaran Maharah Kalam.” MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature 3, no. 1 (2023): 91–101. https://ejournal.stibada.ac.id/index.php/mumtaza/article/view/60.
———. “إِعداد كُتيب لمهارة الكتابة في البرنامج المكثف لتعليم اللة العربية بجامعة مولانا مالك إبراهيم الاسلامية الحكومية مالانج.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018. http://etheses.uin-malang.ac.id/12630/.
Hasan, Laili Mas Ulliyah, and Umi Machmudah. “Imla’ Learning Media by Using Youtube for Prospective Students at Gontor Islamic Boarding School Darussalam.” Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021) 644, no. Islage 2021 (2022): 65–69. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220206.008.
Kurniawan, Edo, Alfath Imam Wildani, Muhammad Zaki, and Muhammad Dhiya’ Syaifullah. “Strategi Pengintegrasian Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Dalam Membangun Karakter Islami Di MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor.” Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor 2, no. 2 (2023): 761–73. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/11114.
Kusumawati, Ira, and Nurfuadi. “Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 01 (2024): 1–7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293.
Mas, Laili, Ulliyah Hasan, Sekolah Tinggi, Ilmu Bahasa, Arab Dan, Dakwah Masjid, Agung Sunan, and Ampel Surabaya. “Desain Short Course Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara ( Maharah Al-Kalam ).” MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature 02, no. 02 (2023): 77–87. https://ejournal.stibada.ac.id/index.php/mumtaza/article/view/51.
Mualif, A. M. A. “Realitas Pendidikan Bahasa Arab Dalam Perspektif Perubahan Sosial Masyarakat.” Yudabbiru Jurnal Administrasi Negara 4, no. 1 (2022): 1–11. www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/YUDABBIRU.
Muhbib Abdul Wahab. “REVITALISASI METODOLOGI PENELITIAN BAHASA SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB,” n.d.
Mustapa, Cica R. “Urgensi Tujuan Pendidikan Dalam Praktik Pembelajaran Bahasa Arab.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 69–84.
Nailil Huda, Juwika Afrita. “Pentingnya Bahasa Arab Dalam Pendidikan Diplomasi Dan Hubungan Internasional.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4, no. 11 (2023): 1–23.
Paramitha, Nurhapsari Pradnya, and Dosen. “IMPLEMENTASI PENDEKATAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (2017): 163–91.
Putra, Wahyu Hanafi, Ibnu Burdah, Yayan Nurbayan, Universitas Islam, Negeri Sunan, Kalijaga Yogyakarta, and Universitas Pendidikan Indonesia. “EKLEKTISME NILAI-NILAI DALAM KELUARGA SEBAGAI FONDASI PENDAHULUAN Keluarga Memiliki Peran Yang Sangat Penting Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Kepribadian Dan Membentuk Karakter Setiap Anggota Keluarga . Beberapa Penelitian Menunjukkan Bahwa Keluarga Merup.” Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia 3, no. 1 (2024): 1–15. https://doi.org/10.21154/edusia.v3i1.643.
Raikhan, Ratih Kusuma Ningtias, Wardatul Karomah. “PENDIDIKAN ISLAM SOSIOKULTURAL SEBAGAI STRATEGI DALAM MENGIKIS EROSI BUDAYA DI PESISIR.” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2024): 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.55210/attalim.v10i1.1501 PENDIDIKAN.
Rosyad, Muh Sabilar, Muhammad Farih, and Muhammad Ainul Haq. “Implementasi Paradigma Bahasa Sebagai Budaya Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia; Problematika Dan Sosuli.” Prosiding Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Arab 3 (2023): 120–33.
Ulin Nuha. Ragam Metodologi Dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press, 2016.
Zaidar, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Karakter Anak Di Era Modern: Kajian Konseptual.” Islamic Insights Journal 5, no. 1 (2023): 42–55. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.21776/ub.iij.2023.05.1.5.