The Influence of Learning Agility and Organizational Climate on Organizational Work Behavior in Millennial Generation Employees
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelincahan belajar dan iklim organisasi terhadap perilaku kerja organisasi di kalangan karyawan milenial. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei yang melibatkan 120 karyawan milenial dari berbagai perusahaan di Jakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelincahan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja organisasi, dengan nilai koefisien sebesar 0,487 (p < 0,05). Iklim organisasi juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja organisasi, dengan nilai koefisien sebesar 0,394 (p < 0,05). Secara simultan, kedua variabel tersebut menjelaskan 58,3% variasi perilaku kerja organisasi.
Temuan ini menunjukkan pentingnya bagi organisasi untuk menumbuhkan lingkungan yang mendukung pembelajaran berkelanjutan dan menciptakan iklim organisasi yang positif untuk meningkatkan perilaku kerja organisasi karyawan milenial.
References
Deloitte, D. S., Ashford, S. J., & Myers, C. G. (2023). Learning agility: Antecedents, consequences, and contextual enablers. Academy of Management Annals, 16(1), 257-298.
Kamilah, Athia Nur, and Miftah Hur Rahman Zh. 2022. “The Management of Study Time and Part-Time Work for Sharia Economics Students Uin Sunan Ampel Surabaya.” Proceeding IConIGC: International Conference on Islamic and Global Civilization Faculty of Islamic Studies – University of Islam Malang THE 52–61.
Kurniawan, B. D., Ikhwan, A., Setiawan, W., Syam, A. R., & Zukhrufin, F. K. (2025). Improving the Quality of Qur’an Learning Through the Ummi Method. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 1-13.
McKinsey, A., Gerard, N. M., Roloff, K. S., & Burke, W. W. (2024). Learning agility: The key to leader potential. Human Resource Management Review, 32(1), 100-115.
Mokmin, M. W. A. B. M., Susanto, H., Syam, A. R., & Basri, M. (2025). Study of the Philosophy of Islamic Education by KH. Ahmad Dahlan and KH. Hasyim Asyari and its Relevance to the Reform of Islamic Education. JIE (Journal of Islamic Education), 10(1), 471-487.
Rahman, A., Björk, P., & Ravald, A. (2022). Exploring the relationship between organizational climate and work engagement among millennial employees. Journal of Service Management, 33(1), 26-47.
Utomo, F. H., Bafadal, I., Timan, A., & Syam, A. R. (2025). Islamic Educational Leadership: The Principal’s Role in Addressing Students' Psychological Impact After Natural Disasters in Indonesia. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 9(2), 274-289.
Zh, Miftah Hur Rahman, Nindya Liftia Sani, Dedi Kuswandi, and Muhibuddin Fadhli. 2024. “Needs Analysis of Development FBO Media as a Support for Blended Learning in Al- Qur ’ an Hadits Lesson.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 9(1). doi:10.25299/al-thariqah.
11.gif)










